You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
basuki pakaian batik beritajakarta
.
photo doc - Beritajakarta.id

Ahok Yakin Pengunduran Diri Jokowi Berjalan Mulus

Proses pengunduran diri Joko Widodo dari jabatan Gubernur DKI Jakarta diprediksi akan berjalan mulus. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta dipastikan bakal merestui permohonan pengunduran diri Jokowi yang dibawa pada rapat paripurna yang digelar pada hari ini, Kamis (2/10).

Nggak bisa ditolak, mana ada dalam UU. Kalau sudah menyatakan berhenti ya berhenti. Pak Jokowi dipilih rakyat dan rakyat Indonesia mau dia jadi presiden, ya sudah

"Nggak bisa ditolak, mana ada dalam UU. Kalau sudah menyatakan berhenti ya berhenti. Pak Jokowi itu sopan santun saja. Kalau saya nggak mau. Pak Harto saja bilang berhenti langsung berhenti. Ini kan dipilih rakyat, Pak Jokowi dipilih rakyat dan rakyat Indonesia mau dia jadi presiden, ya sudah," ujar Basuki Tjahaja Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta di Balaikota, Kamis (2/10).

Jokowi Mundur, Ahok Jadi Plt Gubernur

Ia mengungkapkan, sebanyak 106 anggota DPRD DKI Jakarta tidak memiliki hak untuk menyetujui pengunduran diri Jokowi atau tidak. Sehingga, rapat paripurna DPRD DKI yang digelar pada hari Kamis (2/10) siang, sekadar mengagendakan pembacaan surat pengunduran diri Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

"Paripurna dewan hari ini hanya menyampaikan kepada warga Jakarta, Pak Jokowi mundur dari Gubernur DKI, itu saja. Jadi pengunduran diri Pak Jokowi tidak ada urusan dengan DPRD," katanya.

Tahap selanjutnya, menurut Basuki, Jokowi akan melayangkan surat pengunduran diri kepada Presiden melalui Mendagri. "Saya optimis. Masa Pak SBY nggak mau tanda tangan pengunduran diri Pak Jokowi," katanya.

Sekadar diketahui, jika surat pengunduran diri Jokowi telah disahkan oleh Presiden SBY, Basuki T Purnama secara otomatis menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta.

Aturan tersebut mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Jabatannya sebagai Plt Gubernur DKI itu berlaku hingga Mendagri melantiknya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Rencananya, DPRD DKI Jakarta akan menggelar sidang paripurna pembacaan surat pengunduran Jokowi sebagai Gubernur DKI, Kamis pada pukul 14.00.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2095 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1202 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1077 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1020 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye801 personAldi Geri Lumban Tobing